Air Terjun Batu Belubang , Desa Bebura Bangka

avatar A Abu Bakar
A Abu Bakar
Air Terjun Batu Belubang
Air Terjun Batu Belubang

EXPLOREBABEL -- Pulau Bangka yang mana merupakan daerah kepulauan tetapi Pulau  Bangka juga memiliki bukit yang lumayan tinggi tetapi belum masuk di kategori gunung, bukit tersebut adalah Bukit Maras, atau banyak juga orang yang memanggilnya dengan sebutan Gunung Maras, karena di Pulau Bangka tudak ada gunung jadi Bukit Maras lah yang di sebut gunung.

Selain dikenal dengan Bukit tertinggi di Pulau Bangka, bukit maras juga memiliki banyak aliran anak sungai kecil yang mengalir ke beberapa desa yang ada di kaki bukitnya, sehingga memiliki air terjun yang sangat bagus, salah satunya adalah Air Terjun Batu Belubang yang terdapat di Desa Bebura, kecamatan Riau Silip kabupaten Bangka.

Untuk melihat pemandangan air terjun batu belubang tersebut kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 1.5 jam berjalan kaki jika kita datang menggunakan mobil, tetapi jika datang menggunakan motor hanya menempuh kurang lebih 1 jam berjalan kaki, karena parkir motor bisa sampai ke posko penjagaan yang terdapat di bawah kaki Gunung Maras.

Kita akan melalui medan jalan yang lumayan landai tetapi di beberapa spot kita juga harus sedikit mendaki melewati berbatuan, di sepanjang perjalanan kita akan melihat susunan perpohonan yang rindang berdiri tegak serta mendengar gemercik aliran air, jadi sepanjang perjalanan kita selalu merasa sejuk dan untuk jalur pendakiannya saat ini sudah banyak petunjuk jalan yang dibuat oleh warga sekitar, jadi setiap pengunjung tidak perlu takut lagi tersesat.

Setelah tiba di lokasi Air Terjun Batu belubang lelah kita akan terbayar, karena kita akan melihat cucuran air dari celah batu yang berlubang, seolah - olah kita di dalam Goa, bagusnya lagi jika kita mengambil foto di Goa tersebut di siang hari karena sudut goa yang dialiri air akan sangat indah di sinari bias matahari.

Banyak orang yang berendam bahkan banyak yang berenang di dalam kubangan air batu yang lumayan dalam jadi sangat asik banget, bahkan serunya lagi jika kita merendam kaki di dalam air, kaki kita akan di kerumuni udang - udang yang kecil.

Wisatawan yang datang menggunakan mobil maupun motor tidak perlu takut untuk meninggalkan kendaraannya, karena sudah ada pengelolanya, kita cukup membayar biaya parkir yang di kelola oleh masyarakat sekitar.

Buat anda yang sudah punya rencana ke Air Terjun Batu Belubang, saya sarankan untuk memastikan dalam keadaan sehat, tidak perlu membawa banyak air minum, bawa baju ganti, obat- obatan, serta jangan lupa membawa turun kembali sampah- sampah dari bungkus makanan yang dibawa.

Penulis : Ansori Firdaus

 

Bangka Tour - Wisata Bangka Paket Wisata Bangka - Paket Tour Bangka Liburan di Bangka - Kuliner Khas Bangka