Belitong menjadi satu-satunya dari Negara Asia - BELITONG UNESCO GLOBAL GEOPARK

avatar Teguh Trinanda
Teguh Trinanda
UNESCO GLOBAL GEOPARK BELITONG
UNESCO GLOBAL GEOPARK BELITONG

EXPLORE BABEL, TANJUNG PANDAN -- Kamis, (22/04/2021) Acara Penyambutan untuk anggota baru UNESCO GLOBAL GEOPARK berlangsung di Kantor Bupati Kabupaten Belitung dan acara ini adalah undangan dari President UNESCO GLOBAL GEOPARK.

Berawal dari gagasan para alumni ITB (Institude Teknologi Bandung) 81 bertempat di Kedai Bansai tahun 2018 silam dan di dukung oleh Bupati Belitung dan Belitung Timur dengan menerbitkan SK Bersama komitment untuk Geopark Belitong. 

UNESCO GLOBAL GEOPARK BELITONG sebagai salah satu anggota baru dari 7 yang sudah ada saat ini dan yang lainnya ada di Eropa dan Belitong adalah satu - satunya daerah di Asia. Penetapan GLOBAL GEOPARK ini di tetapkan di Paris, Francis.

“Jangan dilupakan peran para komunitas dan pengelola Geosite Geopark Belitong, rumah tuan kuase (Bougenville), Museum Geopark atau Museum Belitong yang sudah mendukung Geopark Belitong. Geopark Belitong ini menjadi pioneer, pengembangan pariwisata di Indonesia. Belitong sangat indah karena memiliki jenis batu granit, keindahan Alam Pulau Belitong adalah Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT dan harus dijaga” sambutan Erzaldi Rosman Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada acara tersebut.

“Mempertahankan adalah tantangannya, karena empat tahun lagi GEOPARK BELITONG akan dinilai ulang” ungkap Deputi Bidang Kemaritiman dan Lingkungan BAPPENAS RI saat memberikan sambutan.

Duta Besar RI untuk UNESCO ( Via Virtual ) di Wakili oleh Wakil Delegasi Tetap untuk UNESCO juga Mengucapkan selamat kepada GEOPARK BELITONG yang sudah ditetapkan menjadi Anggota UNESCO GLOBAL GEOPARK. (TR)