Bukan Hanya Pantai dan Pulau! Sunset Bukit Peramun Belitung

avatar Martin Tiranda
Martin Tiranda
Bukit Peramun Belitung
Bukit Peramun Belitung

Bukit Peramun - Belitung KeBaBelYuk.Com - Bukit Peramun, Ya Bukit Peramun, Namun banyak yang baru mendengar nama ini dan ada juga yang sudah mendengarnya sudah lama. Januari 2018, tepatnya 1tahun tempat wisata ini di Buka Untuk umum, namun rupanya tempat ini sudah mulai progresnya di 13th yang lalu, ujar sang kreator Pak Adong.

Saat team kami berkesempatan untuk berkunjung ke Bukit Peramun ini hal yang pertama kali kami rasakan yaitu penyambutan yang sangat ramah dari salah satu warga yang tergabung dalam kelompok pengelolaan Wisata Bukit Peramun, sebelum kami melakukan perjalanan ke area wisata Bukit Peramun kami sempat berbincang - bincang mengenai proses perjuangan dalam pengelolaan lokasi wisata Bukit Peramun, rupanya saat ini pengelolaan area Wisata Bukit Peramun ini di support oleh semangat para anggota kelompok yang sangat luar biasa, selain itu ada juga beberapa bangunan yang sudah di bangun pemerintah, tapi belum begitu maksimal.

Setelah perbincangan yang lumayan panjang kami pun beserta team ditemani Guide yang sudah disiapkan dari Pengelola Wisata Bukit Peramun mulai berjalan menjelajahi area Wisata Bukit Peramun, mulai dari Jembatan Gantung, Batu Kembar sampai ke Batu Ampar yang ada di Posisi paling atas, sepanjang perjalanan kami disuguhi dengan pemandangan hutan yang sangat asri, setiap pohon ada barcode yang bisa di scan oleh pengunjung agar pengunjung dapat mengetahui nama dan informasi lain mengenai pohon tersebut, menurut kami ide pemasangan kode barcode di setiap pohon itu adalah ide yang sangat cemerlang dan jarang terpikirkan oleh orang - orang yang biasa.

Selain pemandangan perpohonan yang masih asri, masih banyak lagi suguhan panorama alam yang sangat indah, kami bejalan melalui jalur traking yang sudah tertata dan sebaginnya sudah di buat secara permanen dan kami mengunjungi Batu Kembar di puncak yang pertama, kami pun berfoto - foto sejenak sambil melepas lelah karena untuk sampai di puncak yang pertama ini harus menempuh jalan selama 10 menit dengan kemiringan kurang lebih 45° di sebagian jalan, setelah berfoto - foto kami pun melanjutkan perjalanan menuju titik puncak yang ke dua, tidak lama perjalanan kami pun sampai, "wiih semakin keren pemandangannya" ungkap saya di dalam hati sambil bersyukur kepada Tuhan atas karunia yang luarbiasa ini, ketenangan dan kenyamanan yang saya rasakan dapat membayar letihnya perjalanan.

Di titik puncak yang ke dua ini kami pun tidak lupa mengabadikan foto - foto exsis kami, karena kelompok Pengelola Bukit Peramun ini sudah menyiapkan dermaga untuk spot foto para pengunjung, jika kita berfoto di sini pemanjangan hamparan hutan yang sangat asri akan menjadi begaround foto. Tidak hanya sampai disini, kami pun dengan semangat naik ke titik puncak yang terahir dan semakin indah pemandangannya, karena kita akan melihat sisi baratnya pulau Belitung, kebetulan kami datang di sore hari jadi kami sempat menikmati panorama sunsite, hamparan pulau - pulau yang ada di sisi barat pulau Belitung kelihatan dari titik yang terahir ini seperti Pulau Lengkuas dan lain - lain.

Tak terasa sudah hampir malam kami pun turun dan kembali ke pos pertama, tapi sayang sekali kami tidak bisa mengunjungi Objek yang lain, padahal ada Rumah Pohon dan Goa Batu Granit, bahkan kalau malam pengunjung bisa melihat Tarsius (Mentilin) yang sedang mencari makan, tapi Nex Time saya akan kembali lagi "ujar saya dalam hati".

Pak Adong selaku ketua sekaligus kreator wisata Bukit peramun "kami ini hanya bermodal semangat" ujar singkat sambil tersenyum. Kami beserta team sangat salut dengan semangat para anggota kelompok yang mengelola Wisata Bukit Peramun karena di sekeliling area wisata ini tidak menemukan sampah - sampah kecuali dedaunan yang berserakan.

Terimkasih Pak Adong dan para anggota, sukses dan sehat selalu, harapan kami semoga Tuhan menggerakkan hati Pemerintah Daerah khususnya Kab. Belitung dan Prov. Bangka Belitung dapat membantu lebih banyak lagi, agar pariwisata Belitung dan Bangka Belitung semakin jaya sehingga warganya sejah terah Amiinnn

Penulis : Firdaus Abu Bakar

Kameramen : M. Viki S

www.kebabelyuk.com

www.belitungtour.co.id