Rebo Kasan Ajang Mengembangkan Kreatifitas Pariwisata

avatar Martin Tiranda
Martin Tiranda
Perayaan Pesta Adat Rebo Kasan di Desa Air Nyatoh Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Rabu (15/11/2017). (ist)
Perayaan Pesta Adat Rebo Kasan di Desa Air Nyatoh Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Rabu (15/11/2017). (ist)

Desa Air Nyatoh Kecamatan Muntok, Rabu (15/11/2017) menggelar pesta adat Rebo Kasan di Pantai Ketapang desa setempat. Pesta adat ini digelar setiap minggu terakhir di Bulan Syafar dengan tujuan untuk meminta keselamatan atau tolak bala kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Wakil  Bupati Bangka Barat, Markus yang berkesempatan hadir memberi apresiasi kepada warga setempat yang telah mempertahankan dan melestarikan adat istiadatnya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Air Nyatoh karena sudah mempertahankan dan sudah melestarikan adat istiadat seperti ini, dan ini harus dipertahankan, dikembangkan dan ditingkatkan,” ungkap Markus saat memberikan sambutan.

“Ini kali kedua saya menghadiri kegiatan Rebo Kasan saat menjabat sebagai wakil bupati, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kreasi masyarakat Desa Air Nyatoh serta menjadi salah satu aset pariwisata di Bangka Barat, dan dapat menjadi agenda tahunan,” harap Markus.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Barat, Drs. Ichsan Saufani mengatakan pesta adat Rebo Kasan ini sudah dimasukkan dalam kalender dinas kebudayaan dan pariwisata.

“Jadi silakan masyarakat Desa Air Nyatoh kembangkan potensi-potensi yang ada di desa ini khususnya dunia pariwisata. Dinas kebudayaan dan pariwisata pada tahun ini mempunyai program sosialisasi desa wisata, nanti kita akan undang kepala desa, tokoh masyarakat dan pemudanya. Kita akan mencontoh desa-desa wisata yang sudah ada, baik di Pulau Jawa kemudian satu yang ada di Belitung. Nanti kami akan lakukan seleksi dan menilai sesuai 3P yaitu posisi geografis desa, potensi desa dan prestasi desa,” terang Ichsan.

Pj Kepala Desa Air Nyatoh Jumadi mengatakan kegiatan ini sebagai wadah para pemuda desanya untuk berkreatifitas dan menggali potensi pariwisata yang ada di desa ini.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada pak wakil bupati beserta jajaran karena telah hadir pada acara