Liburan Belitung Tidak Hanya Pantai Dan Pulau

avatar Martin Tiranda
Martin Tiranda

Tidak hanya view laut dan batu-batu besar indah yang bisa didapatkan di Pulau Belitung. Ada lokasi menarik lainnya yang bisa dikunjungi dan tentunya sangat cocok untuk menambah koleksi foto di instagram kalian. Berikut adalah lanjutan dari liburan cantik Pulau Belitung.

Eloknya Museum Kata Andrea Hirata

Pulau Belitung mulai terkenal salah satunya karena karya Andrea Hirata. Kalau menonton film Laskar Pelangi yang kita ingat adalah jalanan Ikal dkk yang dilalui saat ke sekolah itu kanan kirinya ilalang dan sepi dan jauh banget. Saat perjalanan dari Tanjung Pandan menuju Belitung Timur ternyata kurang lebih sama. Kendaraan bermotor sangat sedikit, tapi jalanan sudah beraspal rapi. 

"Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu" - Andrea Hirata

Itu kalimat yang bertebaran di semua sisi museum ini. Pokoknya menyenangkan sekali bisa mengunjungi lokasi ini. 

Danau Kaolin

Sebelum menuju ke Museum Kata yang hanya berjarak sekitar 1,5 jam dari Tanjung Pandan, kami mampir ke lokasi bekas penambangan timah. The famous Danau Kaolin. Kegiatan menggali dan mengeruk tanah untuk mendapatkan timah, menimbulkan genangan air yang menjadi berwarna biru kehijauan. Ironi, karena lokasi merusak alam menjadi tujuan wisata. Kalau Danau Kaolin di Belitung ini warnanya tidak sebiru yang di Bangka, menurut warga sekitar Danau Kaolinnya lebih bagus yang di Bangka. Jika kalian mampir ke Bangka mungkin bisa dicari di mana Danau Kaolin yang lebih oke itu. 

Kuliner yang dicicipi di Belitung

Apalah artinya liburan tanpa mencoba kuliner khas dan yang terkenal di daerah yang dikunjungi tersebut. Pada sore hari di Belitung, kami langsung mencoba Rumah Makan Belitong Timpo Duluk. Berdasarkan keterangan driver, bangunan restoran ini masih asli, tidak ada perubahan, dan dilestarikan menjadi warisan budaya. Interiornya jadoel poenya, ada caping, tas dari karung, onthel menggantung, dan piring yang digunakan juga piring kaleng yang jadoel.

Dari interiornya yang seperti lorong waktu dan membuat merasakan jaman masih tidak ada yang namanya internet ya kan, jadi penasaran dengan makanan apa saja yang ditawarkan di sini. Kebetulan sih saya tidak foto menunya ya, mungkin bisa langsung cari sendiri. Tapi makanan yang kami pesan adalah : Cumi goreng tepung, iga bakar, sayur kangkung, ikan goreng tepung,  dan yang paling enak adalah otak-otaknya. Kenyal dan saya rasa tepungnya dikit sekali. Kami cuma pesan satu porsi tuh otak-otaknya, mau pesan lagi eh sudah habis. Enak beudh... Nah di sini ada istilah makan bedulang, jadi makannya rame-rame di satu nampan besar gitu. Paketan. Overall makanan oke punya.