Gak Tahan, Yuk Simak 5 Jenis Kuliner Khas Belitung

avatar Martin Tiranda
Martin Tiranda

Ada begitu banyak obyek wisata yang wajib untuk anda kunjungi mulai dari pantai hingga pulau-pulau eksotisnya. Panorama di Belitung akan membuat feed instagram anda semakin cantik dan keren. Tapi selain keindahan alam, faktanya kuliner di Belitung bisa menggoyang lidah anda lho. Tidak percaya? Simak ulasannya berikut ini ya.

Mie Belitung

Ke Belitung tanpa makan Mie Belitung? Itu artinya anda belum ke Belitung. Kuliner yang satu ini harus anda cicipi saat berkunjung ke Belitung. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat makan yang menjual kuliner ini. Mie Belitung terasa begitu nikmat karena kombinasi sempurna dari berbagai bahan-bahan di dalamnya. Kuah kari udangnya yang gurih dan kental membuat siapapun tidak bisa berpaling. Belum lagi kenyalnya mie kuning yang dikombinasikan dengan tauge, irisan tahu goreng, emping dan cabai rawit tumbuk khas Belitung, semua ini membuat mulut anda penuh dengan air liur.

Salah satu tempat makan yang menjual Mie Belitung dan seringkali dijadikan rekomendasi adalah Mie Belitung Atep yang ada di Jalan Sriwijaya, Kota Tanjung Pandan. Tempat makan ini populer di kalangan turis. Jika anda berkesempatan untuk datang ke Mie Belitung Atep, maka jangan ragu untuk mencicipi menu Nasi Tim Ayam juga ya.

Gangan

Anda pecinta kuliner berbahan dasar ikan? Jika iya, maka Gangan ini harus anda coba. Kuliner khas Belltung ini merupakan hidangan sup ikan istimewa. Rahasia lezatnya Gangan terletak pada kuahnya. Kombinasi antara rasa asam nanas, pedas kuah kuningnya dan rasa khas kunyit membuat Gangan begitu nikmat dan segar saat menyentuh lidah anda. Rempah yang digunakan untuk memasak Gangan adalah kunyit, lengkuas, sereh, kemiri, daun salam, asam, bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit. Jenis ikan yang sering digunakan untuk membuat Gangan adalah ikan ilak, kakap merah, ketarap dan juga baronang. Pemilihan jenis ikan segar ini ikut andil dalam kelezatan Gangan.

Pais

Kuliner khas Belitung ini merupakan masakan ikan bakar yang diberi bumbu seperti gangan. Bumbu ini akan dimasukkan ke dalam ikan sebelum dibakar, sehingga aromanya begitu khas. Beberapa jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat Pais adalah ikan ilak dan ikan cubit. Hampir di setiap restoran seafood, anda bisa menemukan kuliner khas ini.

Kopi Belitung

Selain makanan, Belitung juga memiliki minuman khas yaitu Kopi Belitung. Kopi yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Sebagai informasi tambahan, rasa kopi pada Kopi Belitung ini cukup keras sehingga sangat cocok untuk anda pecinta kopi. Anda bisa dengan mudah menemukan warung-warung kopi di sekuruh sudut Belitung.

Kopi Belitung ini dibuat secara tradisional. Jadi air untuk menyeduh kopi akan dimasak di atas tungku arang sehingga aromanya juga khas. Salah satu warung kopi tradisional yang bisa anda kunjungi adalah Warung Kopi Ake. Warung ini terletak di Tanjung Pandan dan merupakan salah satu warung kopi tertua di sini. Bahkan peralatan untuk membuat kopi di Warung Kopi Ake masih menggunakan peralatan turun temurun. Kemudian ada juga Kupu Kuli yang terletak di belakang Museum Kata Gantong Andrea Hirata yang sering menjadi tujuan minum kopi oleh wisatawan.

Suto Belitung

Kuliner yang satu ini sekilas mirip dengan ketupat sayur, tapi jelas rasanya sangat berbeda. Suto Belitung akan disajikan dengan berbagai bahan lain seperti irisan lontong, mie bihun, irisan daging dan tidak lupa emping melinjo. Kuah dari Suto Belitung sebenarnya lebih mirip dengan kuah Mie Belitung. Kuah ini merupakan campuran dari rebusan kari iiga sapi, santan kelapa dan irisan daging. Salah satu rekomendasi tempat makan yang menyajikan Suto Belitung adalah warung Suto Belitung Mak Jana yang persis berada di samping warung kopi Ake.

Selain 5 kuliner di atas, masih ada lagi beberapa kuliner atau lebih tepatnya makanan ringan yang bisa anda cicipi di Belitung yaitu Kepiting Isi dan Keikian. Ayo luangkan waktu liburan anda dengan mencicipi kelezatan kuliner khas Belitung ini ya.