Batu Belimbing Toboali “Karya Nyata Sang Pencipta”

avatar Martin Tiranda
Martin Tiranda

Batu Belimbing begitu sebutan yang familiar di kalangan masyarakat Bangka khusunya Toboali Bangka Selatan, batu yang amat aneh yang menjadi bukti Kebesaran Tuhan yang menciptakan batu granit yang berukuran besar bertopang di atas batu lainnya dan berukiran seperti buah belimbing, karena bentuk ukirannya lah warga sekitar menyebutnya Batu Belimbing.

Batu Belimbing merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Pulau Bangka khususnya Toboali Bangka Selatan, Batu Belimbing ini terletak di dusun Jebu Laut Desa Kelabat, Toboali.

Peroses Terbentuknya Batu Belimbing

Menurut cerita batuan tersebut terbentuk akibat pembekuan magma dalam perut bumi yang terjadi sekitar 270 juta tahun lalu yang tersingkap di daratan dan Menurut pakar geologi, komposisi Batu Belimbing ini terdiri dari mineral biotit, pyroksen, hornblende, kuarsa, plagioklas, cassiterit dan amphibol. Fenomena batu granit seperti Batu Belimbing di dunia tidaklah banyak, karena fenomena ini tergolong fenomena alam yang langka.

Kehadiran Batu Belimbing di Media membuat semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bangka Selatan karena Batu Belimbing ini menjadi warna baru di dunia pariwisata Bangka Belitung.