Pertumbuhan Hotel di Pangkalpinang Jadi Daya Tarik Wisatawan

avatar Martin Tiranda
Martin Tiranda

Pangkalpinang - Geliat Pariwisata di kota Pangkalpinang, ibu kota Bangka Belitung semakin menjadi daya tarik wisatawan. Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang dengan melakukan perbaikan infrastruktur seperti pembangunan hotel baru dan pusat perbelanjaan.

"Dengan kehadiran hotel - hotel baru di kota Pangkalpinang diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan. Baik dari luar maupun dalam negeri," jelas Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Pangkalpinang Anggo Rudi, Kamis (19/10/2017).

Di Pangkalpinang sekarang memang sedang gencar mempromosikan tempat wisata. Dan untuk menunjang itu, Pemkot terus melakukan perbaikan dibidang infrastruktur ada beberapa hotel baru sedang di bangun.

"Tujuannya untuk kunjungan wisata, agar kota Pangkalpinang bisa menampung wisatawan," ujarnya.

Menurut Anggo, jumlah hotel dan penginapan di Pangkalpinang untuk saat ini mencapai 42. "Yang belum lama dibangun diantaranya, Hotel Swiss Belhotel, Hotel Aksi, Hotel Cardela, Mes Wongso, dan Hotel Sun serta hotel puncak yang sudah lama pembangunannya," paparnya.

Lanjut dia, untuk tahun 2016 sendiri ada ribuan wisatawan yang menginap di beberapa hotel di Pangkalpinang.

"Ada ribuan bahkan ratusan wisatawan yang menginap, contohnya di Hotel Centrum pada tahun 2016 ada 10.745 orang yang menginap, Hotel Puri 56 ada 1659 orang, Hotel Bangka City mencapai 3700 orang," terang Anggo.

Sementara itu, untuk target di tahun ini, kami menargetkan 200.000 wisatawan yang menginap di kota Pangkalpinang.

"Target minimal 200 ribu wisatawan yang berkunjung dan menginap di beberapa hotel di Pangkalpinang," harapnya.

Selama ini, menurutnya banyak wisatawan yang berkunjung ke kota Pangkalpinang, akan tetapi menginap di luar kota Pangkalpinang.

"Kunjungan wisatawan banyak, cuma mereka (wisatawan) menginap di luar hotel Pangkalpinang, seperti hotel Novotel dan Santika hotel yang dekat dengan kota Pangkalpinang sebagian pengunjung lebih memilih ke sana," keluhnya.

Yang jelas kita tetap melakukan promosi ke pengunjung agar menginap di hotel Pangkalpinang.

"Kita berharap apabila fasilitas memungkinkan turis yang datang di harapkan bisa menginap di kota Pangkalpinang," harapnya.

Pangkalpinang sendiri diketahui memiliki beberapa ikon, seperti tempat sejarah dan wisata kuliner. Yaitu Taman Sari, Kuburan Belanja, Kuburan Sentosa, pantai pasir padi, beberapa titik tempat wisata kuliner di Pangkalpinang dan masakan khas Bangka Belitung serta masih banyak yang lainnya.
(ega/try)

 
Sumber : detiktravel